Sponsor

Minggu, 24 Januari 2010

Kena Cacar Air, Dilarang Mandi


Anda pasti sering dengar (bahkan sebagai penganut setia) kalimat pada Judul di atas. Ijinkan kami untuk membahasnya.

Apa itu Cacar Air?
Cacar air itu
  • infeksi virus varicella-zoster
  • diawali dengan timbulnya demam
  • ketika sudah menyerang, akan timbul bintil-bintil gatal di seluruh tubuh dan jika pecah akan keluar air
  • virus menular lewat udara, terkena cairan/pecahan cacarnya secara langsung/tak langsung
  • masa inkubasi 7-21 hari
  • menyerang siapa aja: anak-anak dan dewasa, tua dan muda, laki-laki dan wanita; walau lebih sering menyerang anak-anak.
Fakta-fakta (mitos?) Seputar Cacar Air
Berikut adalah fakta-fakta yang sering didengar seputar cacar air
  1. Diawali demam
  2. Jika sudah terserang, maka penderita dilarang mandi
  3. Jika sudah sembuh, tidak akan terkena lagi cacar air seumur hidup.

Ijinkan kami untuk menyampaikan fakta-fakta lain dari bebagai sumber untuk menjawab fakta-fakta di atas.

Untuk nomor 1, itu benar dan salah. Menurut pengalaman penulis sendiri dan beberapa kawan, cacar air tidaklah selalu diawali demam. Bisa jadi karena virus telah bermutasi (mitos lain?) atau si penderita 'menyembunyikan' demamnya. Maksud penulis 'menyembunyikan' adalah terkadang penderita tampak ceria dan aktif walau badan demam, atau juga tidak benar-benar demam. Misal seperti yang dialami dengan ananda kami, agak 'diremehkan' bahwa hangat badannya karena kecapean karena barusan jalan-jalan seharian, mungkin karena udara lagi panas sehingga badannya terasa hangat, dsb.

Untuk nomor 2, ini sering kali tidak benar. Sesungguhnya di dalam cacarnya, tersimpan bakal virus-virus baru yang siap menularkan orang lain. Maka mandilah teratur agar virus-virus tersebut berguguran bersama dengan air mandi yang bersih. Yang perlu diperhatikan adalah cara mengeringkan/menghandukinya. Usapkan handuk ke tubuh penderita guna menghidari gerakan menggosok yang akan memecahkan cacarnya. Namun, bisa saja karena air mandinya tidak higienis, maka kuman atau bakteri akan memperparah cacar, terutama yang sudah pecah. Kalau sudah demikian, maka timbul penyakit sekunder akibat kuman atau bakteri tersebut sehingga perlu perawatan/obat tambahan Inilah penyebab mengapa orang tua dahulu melarang penderita untuk mandi.

Untuk nomor 3, ini salah kaprah. Penulis sendiri mengalaminya dua kali. Pertama kelas dua SD dan kedua itu kelas tiga SD. Bersyukur yang pertama, tidak menulari siapa pun di rumah atau sekolah. Yang kedua, justru ketika itu saudara-saudara serumah barusan kena cacar, dan penulis adalah penderita yang terakhir serumah. Hehehe... lumayan, berarti daya tubuhnya lumaya kuat walau akhirnya menyerah setelah 'dikepung' serumah. Ini menandakan bahwa cacar air mirip dengan penyakit umumnya, memang jika pernah mengalami sakit, tubuh akan membentuk anti-body untuk penyakit itu, namun terkadang anti-body itu melemah seiring usia. Sama halnya dengan imunisasi (memaksa tubuh membentuk anti-body di tubuh) yang setiap sekian periode harus diulang, betul?

Kepada Anda (atau orang yang Anda kenal) menderita cacar air, silakan tanya/minta ke dokter atau apotek terdekat, Acyclovir salep yang dapat menghilangkan cacar dalam 3 hari dan mengurangi gatalnya. Beberapa bedak, hanya mengurangi gatal/tidak menghilangkan. Hindari cacar air pecah karena digaruk supaya tidak timbul bekas pada kulit.

Sekian ulasan penulis kali ini. Semoga bermanfaat.

Sumber
http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=11267

http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2007/07/cacar-air

http://www.litbang.depkes.go.id/aktual/anak/cacar090407.htm

http://id.wikipedia.org/wiki/Cacar_air

http://www.countypathology.co.uk/News/files/archive-sep-2008.html

Kamis, 21 Januari 2010

Emansipasi Wanita


Kaum feminis bilang susah jadi wanita, lihat saja peraturan dibawah ini :
  1. Wanita auratnya lebih susah dijaga (lebih banyak) dibanding lelaki.
  2. Wanita perlu meminta izin dari suaminya apabila mau keluar rumah tetapi tidak sebaliknya.
  3. Wanita saksinya (apabila menjadi saksi) kurang berbanding lelaki.
  4. Wanita menerima warisan lebih sedikit daripada lelaki.
  5. Wanita perlu menghadapi kesusahan mengandung dan melahirkan anak.
  6. Wanita wajib taat kepada suaminya, sementara suami tak perlu taat pada isterinya.
  7. Talak terletak di tangan suami dan bukan isteri.
  8. Wanita kurang dalam beribadat karena adanya masalah haid dan nifas yang tak ada pada lelaki.
  9. Dll.*

Itu sebabnya mereka tidak henti-hentinya berpromosi untuk "MEMERDEKAKAN WANITA" atau "EMANSIPASI WANITA" Pernahkah kita lihat sebaliknya (kenyataannya)? Benda yang mahal harganya akan dijaga dan dibelai serta disimpan ditempat yang teraman dan terbaik. sudah pasti intan permata tidak akan dibiar terserak bukan? Itulah bandingannya dengan seorang wanita. Wanita perlu taat kepada suami, tetapi tahukah lelaki wajib taat kepada ibunya 3 kali lebih utama daripada kepada bapaknya?

Wanita menerima warisan lebih sedikit daripada lelaki, tetapi tahukah harta itu menjadi milik pribadinya dan tidak perlu diserahkan kepada suaminya, sementara apabila lelaki menerima warisan, ia perlu / wajib juga menggunakan hartanya untuk isteri dan anak-anak?

Wanita perlu bersusah payah mengandung dan melahirkan anak, tetapi tahukah bahwa setiap saat dia didoakan oleh segala makhluk, malaikat dan seluruh makhluk ALLAH di muka bumi ini, dan tahukah jika ia mati karena melahirkan adalah syahid dan surga menantinya?

Di akhirat kelak, seorang lelaki akan dipertanggungjawabkan terhadap 4 wanita, yaitu

  1. isterinya,
  2. ibunya,
  3. anak perempuannya
  4. dan saudara perempuannya

Artinya, bagi seorang wanita tanggung jawab terhadapnya ditanggung oleh 4 orang lelaki, yaitu

  1. suaminya,
  2. ayahnya,
  3. anak lelakinya
  4. dan saudara lelakinya.


Seorang wanita boleh memasuki pintu syurga melalui pintu surga yang mana saja yang disukainya, cukup dengan 4 syarat saja, yaitu

  1. sembahyang 5 waktu,
  2. puasa di bulan Ramadhan,
  3. taat kepada suaminya
  4. dan menjaga kehormatannya.

Seorang lelaki wajib berjihad fisabilillah, sementara bagi wanita jika taat akan suaminya serta menunaikan tanggungjawabnya kepada ALLAH, maka ia akan turut menerima pahala setara seperti pahala orang pergi berjihad fisabilillah tanpa perlu mengangkat senjata. Masya ALLAH ! Demikian sayangnya ALLAH pada wanita kan?

Ingat firman Nya, bahwa mereka tidak akan berhenti melakukan segala upaya, sampai kita ikut / tunduk kepada cara-cara / peraturan buatan mereka.

Yakinlah, bahwa sebagai dzat yang Maha Pencipta, yang menciptakan kita, maka sudah pasti Ia yang Maha Tahu akan manusia, sehingga segala hukumnya/peraturannya, adalah YANG TERBAIK bagi manusia dibandingkan dengan segala peraturan/hukum buatan manusia.



Selasa, 19 Januari 2010

Sia-Sia Alarm dan Kunci Setir untuk Mengamankan Mobil


Maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor, khususnya mobil. Membuat susah banyak orang, baik yang mengalami musibah, kepolisian, juga masyarat luas. Mereka berupaya agar terhindar dari kejahatan tersebut dan membuat angka kejahatan tersebut makin menyusut jauh (dan lebih baik lagi ditiadakan).

Masyarakat pemilik kendaraan (mobil) pun berusaha dengan melengkapi kendaraannya dengan pengamanan seperti alarm dan kunci setir. Namun apa daya, di luar sana beberapa 'fakta' telah membuat gentar orang, bahwa alat-alat tersebut sia-sia karena sebagian besar kendaraan yang tercuri adalah kendaraan dengan alarm dan berkunci setir.

Berikut adalah beberapa 'fakta' (mitos?) yang cukup populer.

  1. Kunci setir yang banyak beredar di pasaran, bisa dilumpuhkan (dibuka) dalam waktu kurang dari satu menit.
  2. Alarm after market lebih baik dari alarm standard dari show room.
  3. Alarm bisa dilumpuhkan dengan magnet.

Sebelum penulis memberikan fakta lain dari fakta di atas, ijinkan penulis mengungkapkan fakta-fakta yang menarik berasal dari aneka sumber seperti forum-forum internet di dalam dan luar negeri.

  • Semua gembok pasti bisa dibuka, tinggal seberapa besar usaha dan waktu yang dikerahkan.
  • Kemananan selalu berbanding terbalik dengan kenyamanan. Gambaran paling ekstrim adalah pintu rumah supaya aman, perbanyaklah gemboknya. Namun, sungguh tidak nyaman (dan lama) untuk masuk ke rumah. :-)
  • Kemananan kolektif (siskamling) lebih efektif daripada keamanan individualistis.
  • Bina hubungan baik yang penuh empati dengan tetangga dan lingkungan di luar kompleks. Ini yang sulit ya. Dalam beberapa kasus, karena kesenjangan sosial antara kompleks perumahan elit dengan masyarakat kampung di sekitarnya, kasus kejahatan di kompleks tersebut tinggi.
  • Kejadian pencurian di antara jam 3 sampai 5 dini hari. Pada rentang jam tersebut, umumnya orang sudah terlelap. Apalagi di Senin dini hari karena sebagian orang lelah setelah bertamasya di hari Minggu.
  • Kunci setir (dan kunci pagar) dan alarm bersifat menghambat kecepatan maling mencuri. Berdoa supaya mereka bahkan kehilangan selera untuk mencuri. Batasan waktu mereka umumnya 5-10 menit. Jika lebih, nyawa mereka taruhannya.
  • Ingat kata bung Napi, kejahatan bukan saja karena niat, tapi juga karena ada kesempatan.
  • Terakhir namun powerful: Berdoa pada Tuhan Yang Maha Kuasa agar selalu diberi keselamatan dan dilindungi dari segala musibah.

Anda setuju dengan fakta-fakta di atas, maka Anda siap memberikan fakta baru tentang kunci stir dan alarm.

Untuk nomor 1, itu benar (jadi bukan mitos). Namun dengan catatan bahwa itu berlaku untuk kunci setir yang banyak beredar (murah-meriah, harga di bawah 100 ribu). Pameo "Ada harga ada barang" sepertinya berlaku di sini. Pencegahannya adalah buat supaya maling gagal masuk ke dalam kabin mobil, misalnya dengan sensor tambahan seperti sensor bayangan dan sensor getar. Sensor-sensor tersebut terpicu jika pencuri mencoba masuk lewat jendela yang dipecahkan.

Untuk nomor 2, itu bisa benar bisa salah. Yang perlu diperhatikan adalah fasilitas/sensor dari alarm yang dimaksud. Misalnya adalah alarm standard pada Avanza/Xenia yang sudah mencakup sensor pintu dan anti-start. Alarm terpicu ketika pintu dibuka paksa. Anti-start membuat mobil tidak bisa distarter ketika alarm masih aktif. Silakan Anda cek fasilitas/sensor dari alarm mobil Anda.

Untuk nomor 3, ini melumpuhkan apanya? Apakah sensornya? Sensor apa? Jika yang dimaksud adalah melumpuhkan sensornya, sepertinya ini cukup mustahil. Melumpuhkan main-unit alarm-nya? Biasanya main unit alarm berada di kabin. Artinya, paling tidak maling harus melumpuhkan sensor pintu (dan bayangan terlebih dahulu). Ini juga cukup mustahil. Biasanya yang dilumpuhkan adalah sirene/horn/klaksonnya. Dengan ini, walaupun sensor memicu main-unit, namun alarm tidak bersuara. Kemudian maling akan berusaha melumpuhkan main unit-nya.

Khusus Avanza/Xenia (atau mobil lain yang beralarm standard), silakan Anda alihkan bunyi alarm dari klakson ke sirene/horn. Kemudian sirene ditempel di tempat yang lebih aman. Klakson Avanza/Xenia cukup mudah dilumpuhkan dengan magnet atau memutuskan kabelnya.

Berkat teknologi GPS dan GSM, sekarang alarm sudah dilengkapi dengan fasilitas tracking yang selalu memonitor posisi kendaraan ataupun bila diganggu maling (termasuk jika accu dicabut) secara silent dengan mengirim sms kepada pemilik. Namun harganya cukuplah membuat kebanyakan orang merogoh lebih dalam kantongnya.

Silakan sharing, berikut ada tips tambahan kaitannya dengan keamanan kendaraan kita.

  • Jika parkir di garasi mobil, tetap pasang rantai gembok tambahan berkualitas pada pagar Anda.
  • Tetap pasang kunci stir dan alarm dengan tambahan sensor dari alarm standard.
  • Jika parkir kendaraan di tempat umum, cari yang dalam pengawasan Anda atau satpam setempat.
  • Sembunyikan barang-barang berharga dari mobil Anda (semisal Laptop) agar tidak memancing keinginan maling.
  • Cover mobil Anda dengan cover mobil.
  • Bagi yang muslim, mari biasa untuk shalat tahajud pada 2/3 malam (jam 2-3 diri hari) sambil berdoa mohon keselamatan dan perlindungan ALLAH, SWT.
  • Berdoa pada Tuhan Yang Maha Kuasa karena tiada daya dan upaya yang berhasil tanpa pertolonganNYA.

Sumber

http://rinisumasdi.blogspot.com/2009/01/amankan-klakson-avanza-dari-maling.html

AXIC Mailing List

http://www.howstuffworks.com

http://reinhardjambi.wordpress.com/2008/02/12/pengakuan-seorang-pelaku-curanmor-spesialis-toyota-kijang/

http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=6492



Ban Mobil Diisi Nitrogen Lebih Baik daripada Udara Biasa


Menjamurnya tempat pengisian angin (baca: udara) pada ban mobil dengan Nitrogen menimbulkan pertanyaan sederhana di kepala sebagian orang:
  • Apa sih Nitrogen itu?
  • Perlu gak sih, ban diisi Nitrogen?
  • Apa sih manfaatnya Nitrogen pada ban mobil?
  • Lebih baik mana, ban diisi dengan udara biasa atau Nitorgen murni?
  • ... dan berjuta pertanyaan serupa.
Ijinkan penulis menerangkan dulu, secara singkat, apa itu Nitrogen dalam konteks ini. Nitrogen adalah

  • Salah satu unsur kimia, bersimbol N
  • Stabil dalam susunan N2 sebagai gas pada kondisi normal (suhu 27 derajat Celcius, tekanan 1 atmosfir)
  • Terkandung sebanyak 70% volume atmosfer bumi 
  • Tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa.
  • Tergolong gas mulia karena tidak mudah bereaksi dengan unsur lain

Nitrogen baik untuk mengisi ban mobil Anda jika
  • Anda senang dengan tutup pentil berwarna hijau yang diperoleh ketika mengisi ban dengan Nitrogen. Ban yang diisi udara biasa, cuma tutup pentil berwarna hitam. Gak modis. :-)
  • Mobil Anda adalah Batmobil, yang bisa terbang dan berkecepatan supersonik.
  • Mobil Anda adalah truck container.
  • Bingung uang Anda mau dihabiskan ke mana lagi. Soalnya banyak duit nih.

Ditambah lagi, promo dan iklan yang bertubi-tubi dengan mengemukakan alasan-alasan teknis dan scientific yang menjadi mitos modern
  1. Ban lebih jarang kempes daripada diisi dengan udara biasa karena tidak mengandung air (lembab) dibandingkan udara biasa.
  2. Ban lebih jarang kempes daripada diisi dengan udara biasa karena ukuran molekul Nitrogen lebih besar daripada molekul gas lain.
  3. Velg ban jadi awet karena gas Nitrogen tidak menyebabkan karat pada velg.
  4. Ban lebih awet karena gas Nitrogen tidak mengoksidasi karet pada ban
  5. Mobil meningkat kecepatannya karena ban yang diisi gas Nitrogen lebih ringan daripada udara biasa.

Ijinkan saya memberi fakta untuk mematahkan mitos-mitos tersebut satu per satu.
Untuk nomor 1, benar bahwa udara lembab mempengaruhi konsistensi tekanan udara dalam ban. Dengan menghilangkan lembab pada isi ban, maka akan membuat tekanan udara dalam ban lebih stabil sehingga ban terasa jarang kempes. Perubahan tekanan memberi pengaruh yang berarti pada ban jika kenaikan temperatur signifikan, semisal 50 derajat Celcius ke atas, seperti yang dialami oleh ban pada pesawat udara yang tinggal landas, mendarat, atau selama di udara. Yakinlah bahwa ban kendaraan harian Anda yang jalan dijalan biasa atau tol tidak akan mengalami perubahan suhu sesignifikan pesawat udara atau mobil balap.

Untuk nomor 2, benar dan sudah dibuktikan oleh Consumer Report (CR). Sebuah lembaga independen dari U.S.A, pembela hak-hak konsumen. Mirip dengan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). CR melakukan penelitian dengan membandingkan ban-ban yang diisi udara biasa dengan Nitrogen. Semua ban tersebut diisi sebanyak 30PSI, didiamkan selama 1 tahun. Tampak bahwa ban dengan Nitrogen mengalami pengempesan hanya 1.3 PSI perhari, dibandingkan dengan 3.3 PSI ban dengan udara biasa. Laporannya ada di sini.
Untuk nomor 3, apakah velg mobil Anda masih menggunakan velg besi biasa? Jika ya, mitos nomor 3 tersebut itu benar. Jaman sekarang velg sudah merupakan dari bahan campuran (aloy) sehingga tahan karat. Bahkan velg Metro Mini dan bis PPD pun terbuat dari baja tahan karat. Yakinlah tidak ada velg yang sedemikian mudahnya berkarat sehingga Nitrogen benar-benar diperlukan. Bahkan velg rusak (boncel) lebih karena sering mengganti ban di tukang ban pinggir jalan daripada gara-gara karat.

Untuk nomor 4, mirip dengan nomor 3. Seberapa awet ban diperlukan? Menurut pengalaman penulis, ban harus diganti setiap tiga tahun karena sudah gundul. Apakah dengan Nitrogen, ban Anda jadi tidak gundul hingga 10 tahun?

Untuk nomor 5, sesungguhnya beda berat udara biasa dengan gas Nitrogen murni itu hanya sebesar 4%. Apa beda 4% terhadap performa (kecepatan karena ringan) mobil secara keseluruhan?
Sesungguhnya, pemakaian gas Nitrogen pada ban itu bermula dipakai oleh pesawat terbang (militer maupun sipil) dan mobil balap karena sifatnya yang tidak mudah tersulut api jika terjadi kebakaran. Api dan kebakaran lebih mungkin terjadi pada dua jenis kendaraan tersebut.
Akhir kata, mengisi ban dengan gas Nitrogen tidak berbahaya walaupun hanya sedikit sekali manfaatnya. Di dalam journal CR, juga disebutkan bahwa semua produsen ban kendaraan darat menyatakan ban-ban produksi mereka dirancang untuk cukup menggunakan udara biasa. Lagi pula harga pengisian ban dengan Nitrigen yang mahal (di tahun 2009, Jakarta, berkisar Rp 10.000 per ban mobil). Lebih baik bagi penulis untuk mengecek ban rutin sebulan sekali dan mengisi ulang di stasiun pengisian bahan bakar yang menyediakan pompa ban gratis. Atau, cukup bayar Rp 5.000 untuk pompa 4 ban mobil penulis di tukang ban pinggir jalan.
Sumber

http://www.straightdope.com/columns/read/2694/is-it-better-to-fill-your-tires-with-nitrogen-instead-of-air
http://www.consumerreports.org/cro/news/2007/10/tires-nitrogen-air-loss-study/index.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Nitrogen
http://www.ultrafill99.com/consumer/whyNitrogen.htm